My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Selasa, 28 Mei 2013

KESALAHAN BERPANGKAL KEBENARAN


“SALAH” adalah 5 huruf yang terangkai menjadi satu kalimat eksotik yang terlihat sakral bagi seluruh umat semesta. Kata salah mempunyai banyak makna untuk setiap individu semesta. Hampir sebagian makhluk bumi menganggap salah adalah sesuatu yang haram. Benar?
Emmm tapi tidak bagi gue pribadi sih. Iya, salah bisa berkonotasi negatif jika kita mikirnya juga negatif, dan bakal berubah jadi positif kalo mikirnya juga dalam arti yang positif. Tergantung dari suudzon dan khuznuzon kamu – kamu.

Terkadang kita terlalu takut sekedar untuk berbuat salah. Padahal tidak jarang di antara umat manusia di dunia ini menemukan kesuksesannya dari sebuah kesalahan, karena dari kesalahan lah seluruh kebenaran itu ada. Tidak mungkin ada kebenaran jika tidak ada kesalahan. Ga percaya? Baca deh Einstein Mistakes: The Human failing of Genius, Hans Ohanian.

Manusia saat ini terlalu takut untuk berbuat salah karena sudah terdoktrin dari sebuah aturan dan kebiasaan bahwa yang salah itu yang tidak baik. Yang salah itu yang merugikan dan yang salah itu yang tentu tidak bisa dilakukan. Pemikiran seperti itu yang menjadikan manusia di bumi ini semakin mencari jalan untuk menghindari kata salah. Sekalipun untuk menghindari kata salah mereka tetap juga mengambil jalan yang salah agar terlihat benar. What a life 
 
Based on my opinion,  jauh lebih hebat orang yang belajar dari kesalahan kemudian dia berubah jadi benar daripada orang yang benar karena murni kebenaran itu sendiri. Karena apa? Orang yang salah secara otomatis akan merasakan dampak dari kesalahan yang dia lakukan terhadap hidupnya sehingga hal tersebut menjadi sebuah pembelajaran bahwa yang salah itu ternyata tidak baik, tidak enak dan tentu tidak menguntungkan. Intensitas untuk membuat kesalahan lagi tentunya berkurang dan untuk orang yang benar-benar pintar tentu tidak akan mengulangi kesalahannya.

Jadi penekanannya disini adalah : 

1.         Anggap sebuah kesalahan itu adalah sebuah pembelajaran untuk menuju sebuah kebenaran. Sehingga tidak ada doktrin dalam pikiran kita untuk harus takut terhadap kesalahan.
2.      Berusahalah agar bisa keluar dari zona nyaman kita agar kita bisa tahu sejauh mana hebatnya kita bertahan terhadap proses seleksi alam.
3.      Jangan pernah berfikir benar menjadi salah, tapi harus berfikir sebaliknya salah menjadi benar. Artinya jangan berfikir untuk membenarkan sesuatu tetapi justru itu adalah kesalahan tapi berfikirlah bahwa dari yang salah itu sesuatu menjadi benar.
4.      Jika sudah mendapat kebenaran dari kesalahan, berusahalah untuk tidak mengulangi kesalahan. 

Tanpa kita sadari ternyata SALAH itu unik. SALAH adalah suatu pelajaran yang sangat berguna dalam mencapai kebenaran yang tentunya berpengaruh terhadap diri kita masing - masing. tapi jika kebenarannya udah ditemukan tidak perlu lagi kita mengulangi kesalahan tersebut. Mengapa? Lah kalo di ulangin namanya kamu BODOH ! Itulah kenapa pelajaran “SALAH” ga ada di kurikulum sekolah.

Tuhan emang selalu keren. Dia menyisipkan sesuatu yang hebat dari setiap hal jika kita mampu memaknai setiap detil ciptaanNya. Apapun yang diciptakanNya tak mungkin jika tak berarti. Semua ada fungsinya masing – masing dan itu sudah di atur. Itulah mengapa, Tuhan merancang fisik kita dengan tambahan otak agar kita mampu berfikir bagaimana hebatnya Dia sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk mengingkari keberadaanNya. Manfaatkan akal dan fikiranmu agar bisa bertitel Manusia Sempurna.

Udah ga takut salah kan? 

*nyambung apa kagak tulisannya, terserah deh. Yang penting nulis :p

0 komentar:

Posting Komentar