My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Jumat, 24 Mei 2013

AYO PILIH PEMIMPINMU



Hay hay hay...............

Gue bingung pagi ini gue harus ngepost tentang apa. Kebetulan aja gue lagi dengar percakapan mama sama rekannya tentang PILWAKO (Pemilihan Walikota).
Iya, di kota gue sekarang lagi prepare besar-besaran buat ngerayain pesta demokrasi yang akan diadain tepat tanggal 24 juni itupun kalo gue kagak salah tebak sih hihihi

Udah rame banget persiapannya, mulai dari usaha tim sukses masing-masing kandidat untuk ngekoar koar kandidatnya biar bisa jadi dewinner nantinya, pembuatan posko-posko, pemasangan bendera partai di sepanjang jalan, depan rumah sampe ada yang benderanya di buat seprei di rumah masing-masing. 

Usaha tim sukses pun bermacam-macam untuk mengambil simpati masyarakat biar bisa memilih kandidat yang di jagokan. Mulai dari masuk keluar rumah masyarakat sambil bawa-bawa amplop yang isinya tentulah bisa ditebak, bagi-bagi kalender gratis, koran gratis, payung gratis , pakaian dalam gratis. Semua dilakukan agar jagoannya bisa menang. 

Pernah sekali dengar pendapat tetangga gue tentang siapa calon yang bakal didukung untuk menjadi Walikota Kota  Kotamobagu. Katanya, “kalo qt, qt mo pilih sapa yang paling banyak ba kase doi pa qt” yang artinya “gue mah milih siapa kandidat yang paling banyak ngasih uang ke gue” itu sekilas jawaban dari Midun,34 thn,Tukangbentor. Miris kan jawabannya? Iya. Ada juga yang milih kandidat calon walikota berdasarkan warna favoritnya. Kebetulan warna favoritnya samaan sama warna bendera partainya. Ini lebih miris lagi. kenapa gue kata miris? Karena masyarakat kita ternyata bener emang miskin, iya. miskin pengetahuan. Gue pribadi, lebih milih miskin materi daripada miskin pengetahuan. Kalo aja masyarakat kita nggak miskin pengetahun tentunya gak bakalan ada pendapat seperti di atas. Masyarakat terlalu terpaku pada kata materi. Materi bisa mendatangkan segalanya, materi bisa mengubah segalanya dan materi bisa mensejahterkan segalanya. Apa benar seperti itu? Menurut gue yah nggaklah, kita hidup bermasyarakat tentunya hidup berkelompok. Nah dalam satu kelompok harus ada yang memimpin kelompoknya. Seorang yang di tunjuk sebagai pemimpin tentu mempunyai hal lebih dibanding anggota kelompok yang lain. Hal lebih yang paling penting yang dimiliki oleh pemimpin yah kapasitas otaknya harus lebih dan pastinyaa harus bertanggung jawab. Bertanggung jawab atas segala kepentingan kelompok yang dipimpinnya dan tentunya lebih mengutamakan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadinya. Mampu untuk mengambil keputusan yang tepat terhadap permasalahan yang di temui dalam wilayah kelompoknya. Menurut gue 3 hal tersebut udah bisa menjadi dasar sebagai seorang pemimpin. Iya karena sesungguhnya yang diperkaya oleh seorang pemimpin itu yah kemampuan berfikir otak, akhlak sama good behaviornya, bukannya materi harta. Apa gunanya pemimpin kaya raya, aset sana sini kalo hasilnya juga dari ketidaksejahteraan masyarakatnya? Harta yang harusnya menjadi hak dari masyarakat yang membutuhkan malah diambil, disimpan atas nama keluarga-keluarganya biar ga ketahuan kalo semuanya itu harta haram. Apa gaji yang ada belum cukup juga? Puluhan juta perbulan belum bisa juga menuhin kebutuhan hidup? Ongkos jalan sana sini ditanggung negara, dapat gratifikasi dan segala tetek bengeknya juga belum cukup? Papa gue aja yang cuman PNS biasa mampu koq ngidupin gue, emak, sama 3 orang adik gue dan alhamdulillah sampe sekarang kami belum pernah kelaparan 3 hari 3 malam. Gue masih bisa pake BB, bisa nangkring di tempat makan yang budget makanannya diatas 30rbuan/1 butir nasi, masih bisaaa. Gue kuliah dengan begitu banyak keperluan juga alhamdulillah masih terpenuhi. Lu ingat, itu hasil dari GAJI PNS PAPA gue, lu hitung aja PNS sebulan gajinya berapa? 10% dari gajinya pejabat. 

Lu mau dipimpin sama pemimpin yang kaya doang? Yang ga berotak? Gue sering mikir pasti dalam otaknya pemimpin kayak gitu tuh gini “duh, harus ngumpilin duit banyak nih sebelum masa periode gue habis. Kalo udah banyak sebagian dipakai buat terbang ke luar negeri nikmatin deh hasil jerih payah gue sama sebagiannya bakal buat persiapan ngumpulin masa lagi, print baliho sama bayar tim sukses handal biar periode berikutnya gue balik modal”.

Seandainya gue dikasih modal sama Tuhan buat membangun kota, gue sebagai calon perencana wilayah dan kota yang baik bakal mensukseskan kesejahteraan masyarakat di kota gue. Toh selama  gue masih bisa makan dan bernafas dengan oksigen bukan karbon dioksida masih tergolong sejahtera kok. Gue tipe orang yang selalu puas kalo hal emergency udah terpenuhi. So Dukung gue di PILWAKO Kotamobagu 2023.

Nah kalo lu semua mikir materi yang paling numero uno bagi seorang pemimpin yah that’s absolutely wrong perseption tentang seorang pemimpin yang baik dan benar. Emang materi itu perlu, bahkan sangat perlu tapi yah di sesuaikan lah. Kalo sudah di anggarkan yah itu bukan menjadi hak milikmu, tapi hak dari tiap-tiap masyarakatmu maka kerjakan apa yang menjadi hak orang lain. Jangan hanya menang baliho doang, koar-koar visi misinya seantero jagat raya pas udah jadi, uang mulu yang ada di otak. Toh kalo semua pemimpin menjalankan kewajibannya sebagaimana aturannya yang dapat pahala gede siapa? Lu hitung deh kalo masyarakat sekotanya ada berapa ribu trus masing-masing manusia itu 1 pahalanya di sumbang ke pemimpinnya. Selain kaya di dunia, diakhirat juga si pemimpinnya bakal kaya.

Pemimpin yang otaknya kaya otomatis bisa mengkayakan hal lainnya termasuk kesejahteraan masyarakatnya. Dia mampu berfikir bagaimana mengefisienkan segala kebutuhan masyarakat dengan modal yang ada dari pemerintah, mampu menyelesaikan masalah pelik dalam masyarakat, mampu menjalankan roda perekonomian daerah dengan mengandalkan potensi alam yang dimiliki tanpa merusak alam, dan yang paling penting menjadi pendengar para masyarakatnya dan berfikir mana yang perlu di benahi berdasarkan masukan-masukan yang ada. Udah ada gak pemimpin kayak gitu? Makanya dukung gue di PILWAKO 2023 wkwkwk :p

Sekian yah capek nulisnya hihi. Yang pastinya pilih pemimpin yang mempunyai 3 Harta yakni Otak, Akhlak, dan Keprbadian. Dukung Indah Cipta Kusumawardhani Gobel menjadi Walikota Kota Kotamobagu 2023.

0 komentar:

Posting Komentar