My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Minggu, 13 Juni 2021

FILOSOFI CEMARA

CEMARA

Saya sempat menulis tentang Filosofi Kaktus kemarin. Pagi ini, Tuhan kembali membukakan akal saya ketika melihat Cemara kecil ditaman rumah.

Cemara dalam konteks filosofi nya dikenal dengan nama "Evergreen" yang artinya "Hijau yang abadi". Sepengetahuan saya, mungkin karena tanaman ini abadi ditengah musim apapun yang terbagi diseluruh belahan dunia.  Bahkan ditengah dingin salju yang tak ada kemampuan bagi tumbuhan lain untuk beradaptasi, ia tetap kokoh dan tegak dengan warna hijau nya sebagai simbol kehidupan.

Saya selalu punya kebiasaan, "Senang mengamati sesuatu". Setelah selesai diamati, saya pasti akan mengambil pelajaran/hikmah setelahnya. Seperti melihat cemara kecil ini, Terlintas dalam akal ada bisikan Tuhan tentang makna menabur kebaikan sepanjang hidup. Karena sepengetahuan saya, tak pernah ada kesia-siaan dalam penciptaan makhluk dan setiap makhluk yang diciptakan adalah rahmat untuk memperkenalkan eksistensi Tuhan yang Maha Segalanya.

Sekiranya kita memang terbatas dalam memberi manfaat, maka jangan jadi nyala api untuk suatu kehancuran. Jika tak mampu jadi pohon berbuah lebat, jadilah cemara yang selalu kokoh dalam segala terpaan ujian, abadi dalam menjunjung kebaikan.

Hikmah maupun pengetahuan sejatinya ada disekeliling kita. Tuhan tidak pernah memberatkan umatnya untuk mengambil hikmah, namun kadang kita sendiri terlalu malas untuk bertafakur sekedar melihat indahnya sebab-sebab penciptaan yang ada disekeliling kita. 

Mari bertafakur 😊

0 komentar:

Posting Komentar