My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Jumat, 21 September 2018

"Tahapan dan Tips Lulus Tes Passing Grade CPNS 2018 Ala Indah "

Seleksi CPNS akan dibuka dalam beberapa pekan depan. Pamflet maupun berita terkait Seleksi masuk CPNS 2018 sudah mulai berseliweran diberbagai penjuru media social setanah air. Nah karena viral nya berita ini, daku pun berinisiatif  membuat Polling di Instagram Story beberapa hari lalu tentang "Tahapan dan Tips Lulus Tes Passing Grade CPNS 2018 Berdasarkan pengalaman pribadi ". Dan dalam hitungan Polling tersebut, didapatlah kira-kira 96% Netizen Follower instagram daku yang Milih "OKE" untuk dibahas melalui Blog tak seberapa ini. Yaudin tak perlu berbacot panjang, Marii langsung saja pada tips-tips nya. 


1.    Niat dan Doa
Iya, Pastikan Niat dan Doa harus jadi langkah awal handai taulan sekalian kalau mau ikut Tes Seleksi CPNS 2018. Pastikan niat dan Doa anda memang benar-benar tulus tujuannya untuk mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negara bukan sebagai Teroris negara. Ini memang poin penting yang harus ditekankan setekan-tekannya karena berdasarkan pengalaman pribadi, kebanyakan para CPNS holic gagal dalam seleksi awal CPNS karena niat awalnya sudah tak jelas. Tips untuk yang muslim, coba sholat istikharah dulu. Minta petunjuk Allah agar diridhoi dan diberi petunjuk sebagai pilihan yang tepat dalam pilihan karir. Jadi sekiranya mungkin ada yang niatnya mau nikah dulu, segera saja mampir ke KUA jangan mampir ke tulisan ini.

2.    Fokus & Yakin Pada Tujuan
Setelah handai taulan sudah selesai dengan perhelatan Niat dan Doa. Fokus dan Yakin-lah dengan apa yang menjadi tujuan anda. Jika keyakinan anda adalah ingin lulus sebagai Anggota Aparatur Sipil Negara, maka anda harus fokus untuk mencapai hal tersebut. Fokus untuk mencari referensi apa saja yang bisa mendukung anda untuk bisa lulus seleksi CPNS. Misalnya, perbanyak menyelesaikan latihan soal online seleksi CPNS (bisa Lewat download aplikasi di Play Store, Google, dn sejenisnya), Perbanyak ikut simulasi online yang tersedia gratis tinggal nanya Om Google, Bertanya/ diskusi langsung pada kenalan yang sudah lulus duluan di season sebelumnya, ikut training khusus semacam bimbel dan sejenisnya, atau bisa juga membuat tim kelompok belajar kecil bersama rekan-rekan lain yang punya misi dan impian yang sama yakni Lulus CPNS (Karena ada segelintir orang nyatanya lebih paham materi pembelajaran melalui metode diskusi kelompok. Saling sharing ilmu dalam lingkup kelompok biasanya akan lebih nampol diotak daripada harus belajar sendiri). Nah sekiranya handai taulan juga punya finansial lebih, bisa juga membeli buku panduan Lulus Tes Seleksi CPNS yang beredar bebas di Toko Buku terdekat (Tapi ini tidak daku gunakan sebagai tips pengalaman karena via online sebenarnya sudah cukup membantu jika kita tidak malas mencari).

3.    Siap Ditempatkan Dimana Saja
Para peserta CPNS harus siap lahir dan bathin untuk ditempatkan dimana saja sesuai dengan instruksi penugasan ketika nanti dinyatakan lulus menjadi anggota ASN, entah yang terjauh di Wakanda sekalipun . Peserta yang lulus sebagai ASN, akan diizinkan untuk minta mutasi penugasan apabila sudah memenuhi syarat 10 Tahun pengabdian di tempat penugasan pertama. Jadi untuk peserta yang punya pacar posesif, dirundingkn saja dulu bagaimana baiknya.

4.    Bersiap Mendaftar, dan Memilih Formasi Jurusan Yang Tepat.
Setelah kita sudah fokus dan benar-benar siap untuk ikut seleksi CPNS, langkah selanjutnya adalah menunggu kapan tahapan pendaftaran dibuka. Sembari menunggu tahapan pendaftaran, bisa dipersiapkan hal-hal penting yang mungkin dibutuhkan terkait syarat pendaftaran antara lain; Foto Copy Ijazah & Transkrip Legalisir, Sertifikat Akreditas Fakultas & Kampus, Foto Copy KTP, Foto Copy Kartu Keluarga, Foto Copy Akte Lahir, SKCK pun diminta jika yang bersangkutan sudah dinyatakan lulus seleksi CPNS. Seingat daku, itu saja yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran selain daripada Kuota internet sih. Karena daftarnya lewat online, wajib punya kuota internet. Atau biar ngirit, numpang duduk di cafe terdekat saja dan pesan 1 gelas air mineral, itu sudah lumayan. Yang penting balik lagi ke niat yang tadi "Aku Harus Lulus CPNS 2018 Bagaimanapun Keadannya". Lanjut untuk tahapan pendaftaran. Biasanya hari pertama pendaftaran server sscn.bkd.id akan sangat sibuk karena banyaknya jumlah pendaftar yang login. Nah teman-teman bisa ambil alternatif mendaftar di hari ke dua saja. Tidak perlu memaksa harus terdaftar di hari pertama, karena dihari apapun sebelum tutup waktu pendaftaran anda tetap akan terdaftar sebagai Peserta CPNS 2018 asalkan memenuhi syarat pendafaran. Tak perlu tergesa-gesa, karena yang suka tergesa-gesa pastinya bukan siput hehe.
Lanjutt ke salah satu Poin penting juga. Nah, Dikarenakan hampir 80% yang ikut seleksi CPNS hampir dipastikan dasarnya belum tau mau ikut formasi apa, pasti teman-teman akan nunggu dulu formasi apa yang dibuka kemudian disesuaikan dengan basic jurusannya. Daku pun demikian di season sebelumnya. Terlepas dari itu semua, sebenarnya teman-teman  harus sudah selesai menyiapkan banyak referensi terkait basic jurusan anda sendiri. Karena ada beberapa formasi Kementrian/Institusi Pemerintah Daerah yang mewajibkan peserta untuk ikut tes kemampuan bidang. Sekiranya anda tidak mempersiapkan referensi terkait basic jurusan masing-masing sudah dipastikan pasti anda tidak akan lulus. Karena hanya dengan mengandalkan keahlian Merayu perempuan, Main Mobile Legend, Onet atau PUBG tentu tidak akan menghantarkan anda pada kesuksesan Lulus CPNS 2018.
Terkait pemilihan Formasi jurusan yang tepat, selain dipilih berdasarkan hati nurani  dan basic jurusan masing-masing anda pun harus melihat peluang formasi jurusan yang dibuka. Pilih formasi dari institusi yang membuka peluang kuota penerimaan terbanyak. Karena jelas peluang anda lulus akan semakin besar daripada ikut institusi yang membuka dengan kuota formasi sedikit. Ini mirip dengan siklus seleksi alam, siapa yang terkuat dialah yang juara. Eh tapi ini bukan menjadi acuan. Sekiranya anda memang yakin dengan kemampuan anda, ikut formasi mana saja pasti bisa asalkan sesuai basic jurusan anda. Analoginya yah, Anak Teknik harus ambil formasi Teknik dong bukan ngambil formasi Guru TK.

5.    Berkompetisi sesuai Kemampuan
Setelah selesai tahapan pendaftaran anda akan diminta mengirimkan berkas persyaratan antara lain seperti yang daku uraikan di poin nomor 3. Biasanya dikirim via POS Indonesia dengan tujuan masing-masing Kementrian/Institusi yang dipilih. Dalam waktu lebih dari seminggu akan ada tahapan pengumuman lulus berkas. Biasanya yang ngirim berkas sesuai apa yang diminta pasti akan lulus pemberkasan. Kadang sekali ada kasus peserta yang tidak lulus berkas, kecuali memang anda sendiri yang salah kirim berkas. Misalnya diminta fotocopy Ijazah yang dikirim malah fotocopy surat pegadaian, jika demikian sudah paling jelas anda sudah gugur terlebih dahulu.
Lanjut... Setelah anda dinyatakan lulus berkas, anda akan bersiap menunggu tahapan tes CAT (Computer Assisted Test) atau nama kerennya Tes Kemampuan Dasar a.k.a Passing Grade, Tes ini diberlakukan di BKD Provinsi atau sesuai syarat yang ditentukan oleh institusi terkait yang kita ikuti. Ini adalah bentuk tes kemampuan dasar anda terkait Wawasan Kebangsaan, Intelejensi Umum dan Karakteristik Pribadi anda. Nah biasanya banyak peserta yang gugur di tahapan ini. Jumlah soal pada tes ini adalah 100 Nomor objektif (pilihan ganda) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK 35 Nomor), Tes Intelejensi Umum (TIU 30 Nomor) Dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP 35 Nomor) dalam kurun waktu 90 Menit (Kalau tidak salah ingat). Bobot masing-masing soal pun akan dijelaskan oleh panitia sebelum anda mengikut tes nanti. Kalo daku tak salah ingat yaa, dalam tes ini anda harus melampaui nilai ambang batas sebagai syarat mengikut tes selanjutnya. Nilai ambang batas masing-masing kriteria menurut Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018 adalah (TWK : 75, TIU: 80 dan TKP: 143). Akumulasi dari ketiga kriteria tadi yang menentukan anda lulus passing grade atau tidak. Gambaran umum dari soal TWK pastinya seputar Pancasila dan UUD 1945, Sejarah kemerdekaan,  Para Pahlawan penggerak Kemerdekaan, Tanggal-tanggal bersejarah seputar kemerdekaan dan sejenisnya. Untuk soal TIU seputar Perhitungan dasar matematika (Deret angka, soal cerita matematika, Hitungan pecahan, Peluang, logaritma, Logika dan sejenisnya), Materi bahasa indonesia (Bentuk Paragraf, sinonim, antonim, silogisme dan sejenisnya), serta ada beberapa materi tambahan yang berhubungan dengan intelejensi umum. Untuk TKP pastinya seputar karakteristik kepribadian masing-masing peserta seleksi CPNS. Dan hasil Tes CAT ini akan langsung bisa anda saksikan setelah selesai mengikuti tes ini. Jadi siapkan mental dan fisik anda sebelum mengikuti Tes ini. Karena tes ini bisa menyebabkan jantungan dan histeris seketika jika anda tidak kuat iman karena dinyatakan belum berhasil dalam tes ini. 

Tips kecil indah ketika mengikuti tes ini yakni: Sebelum memulai tes, disarankan untuk berdoa dan mengandalkan Tuhan setulus hati. Selanjutnya TOLONG JANGAN GUGUP!!! Ini poin penting yang harus digaris tebal. Persiapan yang mantap pasti akan kalah dengan Gugup. Ketika kamu gugup sudah barang tentu segala yang sudah anda siapkan, hafalkan bahkan nyanyikan pasti seketika akan hilang bak ditelan black hole. Rilex saja, buat diri anda senyaman mungkin. Eh tapi jangan keasikan rilex juga takutnya dengan suhu ruangan yang dingin adem jatuhnya malah ketiduran. Kalo sudah begitu kejadiannya, mending kamu gugup saja.
Nah selain gugup, tolong jangan sekali kali bertahan di satu soal yang anda kurang paham. Lanjut saja ke soal selanjutnya yang mungkin lebih ada titik terang untuk diselesaikan atau yang paling anda anggap mudah. Jika masih tidak menemukan titik terang lagi, terus lanjut ke soal berikutnya. Jikapun keadaannya masih sama sampai dengan soal terakhir, mungkin benar anda niatnya mau nikah duluan bukan mau jadi ASN.
selain itu, Biasanya para peserta banyak juga yang terkecoh menghabiskan waktu di soal Intelenjensi umum materi Bahasa Indonesia tentang inti sebuah wacana. Model soalnya akan dipaparkan sebuah wacana  kurang lebih 1-2 halaman dan disuruh cari model paragraf apa, inti wacananya apa, dsb terkait wacana tersebut. Tips nya, teman-teman tidak perlu membaca dengan seksama hingga lupa waktu dari awal hingga akhir paragraf, langsung saja pada pokok pertanyaan yang disediakan dibawah wacana tersebut dan dicari jawabannya dengan menggunakan metode membaca cepat. ini bisa mengefisienkan waktu daripada harus membaca habis sebuah wacana dari awal hingga akhir paragraf.
Untuk penyelesaian soal Matematika, diutamakan juga menggunakan kemampuan berfikir cepat. Dalam kasus deret angka seringkali ditemukan hal demikian. Ketika logika tidak jalan cepat, otomatis kita akan ketinggalan dalam waktu pengerjaan. Perbanyak latihan soal juga bisa mengasah kemampuan berfikir. Jika hanya mengandalkan hafalan rumus saja, akan sangat kurang efektif dalam kurun waktu yang terlalu singkat dan sangat terbatas. Untuk soal wawasan kebangsaan perbanyak membaca tentang Pancasila dan UUD beserta amandemennya, sejarah persiapan kemerdekaan RI, Perjanjian-perjanjian bersejarah, tanggal dan momen bersejarah, tokoh-tokoh bersejarah dalam pembentukan kemerdekaan RI dan sejenisnya. Gunakan waktu seefisien mungkin dan jangan pernah gelisah liat teman lain yang sudah selesai mengerjakan tes. Selama masih ada waktu yang tersisa, gunakan sebaik dan sesantai mungkin. 

 ***
Berkompetisi tentunya harus sesuai kemampuan, ketika nanti misalnya anda dinyatakan belum melampaui passing grade jangan pernah berkecil hati. Karena dunia tak akan berhenti ketika anda dinyatakan belum lulus seleksi CPNS. Banyak jalan menuju Roma, asal ga jalan sama Bang Roma... Ingat Fellas, Rezeki sudah ada yang ngatur, jika belum disini berarti rezekimu sedang menunggu dijemput di penjuru bumi yang lain.
Nah bagi yang lolos nantinya, maka akan masuk ke tahapan seleksi berikutnya yakni Tahapan Tes Kemampuan bidang, tes ini dilakukan juga melalui format CAT yang diberlakukan di BKD Provinsi atau Sesuai persyaratan dari institusi yang bersangkutan. Biasanya ini diberlakukan untuk Institusi kementrian atau jalur CPNS Pusat, nah katanya kalau yang ikut di daerah syarat melampaui passing grade saja sudah cukup untuk dinyatakan lolos sebagai CPNS tidak lagi membutuhkan syarat Tes Kemampuan Bidang. Tapi ini informasi dulu, entah dengan syarat dan aturan tahun 2018.
Nah untuk tes-nya sendiri akan berbeda materi tesnya sesuai dengan formasi penempatan jurusan yang diambil oleh masing-masing peserta. Makanya tadi daku sempat ingatkan di point sebelumnya agar setiap peserta sudah harus menyiapkan bekal referensi pengetahuan masing-masing basic jurusan karena tidak sedikit juga peserta yang tidak lolos karena akumulasi point di Tes Kemampuan bidang tidak mencapai standart. Intinya persiapkan diri anda lahir, bathin dan Otak. Nah, hasil dari Tes Kemampuan Dasar + Tes Kemampuan Bidang tadi diakumulasikan hingga diperoleh hasil final sebagai angka Kompetensi kita. Biasanya Bobot Tes kemampuan Dasar adalah 40% dan Tes Kemampuan Bidang 60%. Ranking tertinggi diurut sesuai jumlah kuota penerimaan dari hasil akumulasi tadi-lah yang nanti dinyatakan lulus sebagai CPNS. Setelah dinyatakan lulus, jangan lupa ditutup lagi dengan doa dan syukur kepada Tuhan. Karena tanpa petunjuknya, jelas kita tidak akan berhasil menuju segala tujuan. Bagi yang belum, jangan sedih karena kita senasib wkwkw.

Mungkin demikian sedikit penjelasan indah seputar seleksi masuk CPNS, di sharing juga untuk bisa berbagi pengalaman dengan teman-teman pemula yang baru ikut berkompetisi di season ini. Karena daku yakin banyak teman-teman lain yang akan ikut juga dalam kompetisi seleksi CPNS 2018 yang sudah berpengalaman mempuni di kegagalan season sebelumnya. Sukses untuk teman-teman semua. Selamat Berkompetisi, Insyallah lulus semuanya...

Untuk chit-chat kenapa indah tidak lolos CPNS di season sebelumnya padahal seharusnya sudah lolos, akan diuraikan dikesempatan yang lain yaa…



0 komentar:

Posting Komentar